Dari Blog Menuju Indonesia Maju

by - Maret 27, 2018

(sumber: internet)



Perkembangan internet di Indonesia sudah bisa dibilang sangat lumayan kecepatan maupun penyebarannya. Khususnya di Pekanbaru. Tak sulit rasanya untuk sekedar buka Facebook, nge-stalk Ig-nya mantan gebetan, ikutan bercuit-cuitan di Twitter atau curhat, beropini lewat blog.


Biasanya apa yang kamu lakukan dengan media sosialmu?

Hal berguna apa yang sudah kamu lakukan dari kegiatan bersosial media itu?

Jika pertanyaan itu kutujukan untuk diriku sendiri, aku akan menjawab, media sosialku ku habiskan untuk menyalurkan hobi. Hobi menulis itu tersalur melalui caption panjang Instagram, kicauan yang berutas-utas di Twitter, dan Blog.

Hari ini, tepatnya Selasa,27 Maret 2018 aku mengikuti pelatihan Blogging dari Kemkominfo yang berkerjasama dengan dinas profinsi Riau di hotel Arya Duta Pekanbaru. Salah pematerinya adalah bapak bloger Indonesia, yaitu Enda Nasution.
(Mas Enda Nasution memberikan materi)

Dalam salah satu materinya, ia menyinggung bagaimana pengguna media sosial yang cenderung tak tahu manfaat positif yang bisa didapat. Salah satunya #MenujuIndonesiaMaju yang bisa dukung dengan penggunaan media sosial secara positif. Khususnya di Blog.

(sumber : Internet)

#MenujuIndonesiaMaju bisa dilakukan dengan cara memposting tulisan-tulisan berkaitan dengan info-info terbaru di suatu daerah, seperti Pekanbaru. Blogger  bisa membantu pemerintah dengan tulisannya yang independen tanpa ada tuntutan dari pihak lain. Tulisan-tulisan tersebut dapat dibaca banyak orang dengan cara blogger memperhatikan konten-konten dalam tulisannya. Sehingga para pembaca tertarik untuk membagikan tulisan kita. Tak heran, blogger juga disebut sebai content creator.

Jadi, apa lagi?

Di pelatihan ini, aku semakin tercerahkan. Bahwa siapa sangka dari menyalurkan hobi menulis ke blog, ternyata mampu membantu negeri kelahiran ini #MenujuIndonesiaMaju.  Seandainya pun aku bercuitan di Twitter, Instagram dan sosial media lainnya, perlu aku –sebagai warga negara yang baik­- untuk #BIJAKBERSOSMED.

(Salah satu slide dari Tim Komunikasi Presiden)


Selain materi dari Enda Nasution, juga da materi dari Tim Komunikasi Presiden, Andoko Darta yang mengungkap cerita-cerita dari #sudutistana yang jarang diketahui publik. Salah satunya mengenai keadilan dalam subsidi BBM. 

Jujur saja membuatku sadar bahwa pemerintah memang benar-benar berupaya #MenujuIndonesiaMaju. Ternyata, dibalik keputusan-keputusan presiden yang mendatangkan kemarahan rakyat, ada alasan yang tidak diketahui secara benar oleh rakyat. Jadi, sudah tugas kita sebagai orang yang hobi menulis di blog untuk bantu menyebarkan kebenaran melalui tulisan yang kita sharing. 


Lantas, apa salahnya kita membantu pemerintah dengan senjata kita yaitu Media sosial ??


(Blogger Pekanbaru yang mendapat doorprize dari KemKomInfo yaitu payung yang digunakan predisan Joko widodo ketika menjumpai aksi 212)

You May Also Like

2 komentar

  1. Setuju. Media sosial bisa banget digunakan untuk mewujudkan indonesia maju. Dari pada update status galau, mending promosikan daerah kita.

    BalasHapus
  2. Karena tulisan kamu, aku juga ikut tercerahkan bahwa ternyata dari menyalurkan hobi menulis ke blog, juga mampu membantu negeri kelahiran ini #MenujuIndonesiaMaju.

    Hashtag fokus ngeblog. Hashtag demi Indonesia

    BalasHapus