Aku di 2019 dan Rencana di 2020

by - Desember 30, 2019





“This is my last year of toleratting less than i deserve.”

Hai. Bagaimana tahun 2019 nya? Aman? 

Ini adalah post pertamaku di tahun ini, dimana esok adalah akhir tahun. Semoga saja ini bukan post terakhir di 2019 juga, sebab aku sepertinya akan bercerita banyak tentang 2019.

Kehidupan kampus di 2019 ku lumayan berjalan lancar, beberapa kali aku sempat ikut kumpul kelas (dimana biasanya aku jarang ikut). Meskipun itu sedikit terlambat (semester 6 adalah semester terakhir aku belajar di kelas), tetapi tak masalah, semua berjalan lancar. Di pertengahan tahun, aku mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 2 bulan kurang. Seminggu berselang, aku magang di sebuah rumah produksi lokal daerah tempat ku tinggal selama lebih kurang 2 bulan. Setelah itu aku kembali ke kampus di pertengahan Oktober. Bukan mengurus tugas akhir (Skripsi T_T), tetapi membantu mengurus Diklat Dasar organisasi yang aku ikuti.

Seusai magang hingga kini aku fokus mengurus organisasi kampus yang aku ikuti. Lumayan menguras waktu, tenaga dan pikiran, sebab aku satu-satunya dari angkatanku di sana. Sebagai angkatan tertua di kepengurusan saat ini aku seperti memiliki tanggung jawab yang besar. Aku bertemu wajah-wajah baru yang menjadi junior terakhirku (mungkin). Mereka sangat menggemaskan, wajah lugu nan penasaran mengingatkan ku kala aku menjadi mahasiswa baru dulu. Wajah penuh impian. Tak jarang aku bernostalgia menceritakan pengalaman lampauku dulu pada mereka. 

Banyak hal yang terjadi di 12 bulan belakangan ini. 

Sayangnya, tak ada satupun yang kuceritakan pada kalian di sini.

Ini adalah kelalaian terbesarku di 2019. Mengaku diri seorang yang aktif di dunia literasi menulis, tetapi tahun ini tulisanku sedikit sekali. Amat sedikit.

Aku juga sempat stress berat. Hampir pergi ke psikolog. Saat itu aku sangat sensitif, sering sekali tiba-tiba menangis tanpa sebab. Pun aku menjadi mudah tersinggung, walau hal yang membuat aku tersinggung kala itu biasanya tak membuatku tersinggung. Kalian paham maksudnya gak? Gak ya? Pokoknya sudah parah, aku aja kaget bisa seperti itu. Beberapa orang terdekat ku sempat melihat titik terendah ku ini. Namun untungnya aku sudah sedikit memulihkan diri sendiri dengan mengalihkan pikiran untuk menata 2020 melalui Bullet Journal (Bujo). 2018 lalu aku sempat memulai Bujo, sayangnya terputus di 2019.


Beberapa hari yang lalu, aku membaca informasi di salah satu grup WhatsApp sebuah perkumpulan dimana aku bergabung disana sejak 2018, yaitu Kumpul Blogger Pekanbaru. Katanya, akan ada pembersihan anggota dinilai dari list artikel selama dua bulan terakhir ini. Ketika membacanya, jantungku berdebar. Aduh setahun ini aku belum ada menulis di blog!!

Apakah aku akan dikeluarkan? Sepertinya iya. Ini sudah menjadi resiko yang harus aku hadapi.
Bukankah dalam hidup ini penuh dengan resiko? Betul? Betul.

Aku paham sekali pentingnya sebuah aturan dalam suatu perkumpulan atau organisasi. Betapa pentingnya menjaga keaktifan anggota. Sebab kata-kata itu yang terus aku katakan di depan junior organisasi di kampus ku. 

Namun, memikirkan akan keluar dari grup itu membuatku sedih juga (meskipun aku hanya menjadi pembaca). Rasanya seperti aku dengan bodohnya keluar dari lingkaran orang-orang positif.
Jika nanti aku bukan lagi bagian dari mereka, ini akan menjadi penyesalan terbesarku di 2019. 

Tak bergabungnya aku di grup itu nanti seakan menegaskan kemunduranku di dunia tulis menulis. Hal yang akan menjadi evaluasiku. Sebab, selama 21 tahun aku hidup, hanya tulis menulis yang aku bisa. Dan aku mengalami kemunduran di dunia itu? Itu sama saja dengan bunuh diri secara perlahan.
Oleh karena itu, rencanaku di 2020 tak muluk-muluk. Tak ingin manargetkan ekspektasi tinggi-tinggi. Cukup aktif menulis untuk blogku melanjutkan tulisan karanganku di wattpad. Sederhana bukan? 

Yah, sederhana namun sulit dilakukan secara konsisten.

Setahun belakangan, aku sering lupa untuk diriku. Jujur saja itu membuatku sedikit takut menghadapi 2020. Ku pikir, akan butuh banyak persiapan untuk membuat 2020 ku sedikit lebih berarti untuk diriku sendiri. Membuat waktuku lebih berharga untuk diriku.

Bukan orang lain.

Jadi, sudah evaluasi 2019 mu? sudah tahu rencana di 2020 apa?

Ayo sama-sama bergegas memperbaiki resolusi kita di tahun depan! 2019 belum berakhir!!!



You May Also Like

16 komentar

  1. Mantaaaap. Ayo kembali isi blog dan wattpad. Melanjutkan cerita yg kayanya dah berapa tahun bersarang laba-laba di wattpad ya. Ayo mulai sayangi diri kita untuk 2020 nanti. Ah ga kerasa cepat banget waktu berlalu yaa

    BalasHapus
  2. Semoga akhir tahun ini mengawali segalanya yang redup sementara. Ayo bersih2 gas gas gas

    BalasHapus
  3. alhamdulillah for 2019, for better for worse, semoga 2020 lebih baik, asyik dan penuh kejutan baik bagi kita semua, amin ya Allah.

    BalasHapus
  4. Memang akhir tahun dan awal tahun tuh cocoknya muhasabah diri setahun yg lalu dan gimana kedepannya ya hmmm

    BalasHapus
  5. Semoga bisa terus konsisten dan eksis menulis baik di blog maupun di watpaddnya ya mbak ^^

    BalasHapus
  6. Hai, Azizah. Gak masalah untuk merasa stress, kalau kamu mulai suka bikin jurnal, mungkin bisa menuliskan juga momen kamu waktu lagi down di Jurnal. Keep it by yourself, tapi itu juga bisa bantu kita untuk meluapkan perasaan. Ayo dimulai blogging dan nulis di wattpad lagi, pelan-pelan aja. gak masalah. :)
    Semoga 2020 lebih baik dari tahun sebelumnya ya.

    BalasHapus
  7. Semoga 2020 menjadi tahun yang lebih baik buat kamu dan semuanya ya Azizah, tak apa, aku juga sempat absen dari dunia tulis menulis beberapa tahun, mulai aktif kembali setelah bergabung dibeberapa komunitas. Ya, menulis memang kadang jadi proses healing dan kadang kita juga butuh untuk tidak ngapa-ngapain, tapi juga tidak sampai terlalu tenggelam. Mangats untuk tahun depan.

    BalasHapus
  8. Yeay! Semangat yaa mba Azizah. Aku sudah 10 tahun melalui umur 21, dan masih suka merasa hal yang sama kok seperti mbak. Hehehe.. Yang terpenting adalah kita sadar tentang apa yang salah di diri kita dan selalu bergerak untuk memperbaikinya. Maju teruss, happy new year yaa!

    BalasHapus
  9. Semangat mbaaak. Up and down mood itu biasa kok. Yang penting jangan terlalu lama perasaan negatif menyelimuti kita.

    BalasHapus
  10. Semangat mbak, semoga kita semua dimudahkan dalam segala urusan. Dan menjadi lebih baik lagi di tahun ini :D

    BalasHapus
  11. “Di 2019 kita gagal dengan porsi kita masing masing. Selamat menyimpan, selamat merayakan, selamat mencoba lagi” -NKCTHI

    Semoga tahun 2020 bisa lebih baik lagi yaa buat kita semua. Baik dari sisi personal maupun yang lainnya. Aamiin!

    BalasHapus
  12. Evaluasi tahun belakang untuk bekal tahun kedepan. Semoga selalu dalam kebaikan. Terutama untuk tetap berkaya dalam menulis. Keep fighting!

    BalasHapus
  13. Semoga kedepannya bisa lebih aktif lagi nulis blog nya yaaa... AMiiiinnn....

    BalasHapus
  14. Semangat nulis ya di 2020. Btw bolehlah share ttg bujo. Tmn2ku byk yg pakai jg jadi penasaran

    BalasHapus
  15. aktif menulis untuk blogku melanjutkan tulisan karanganku di wattpad. Sederhana bukan? sederhana banget.

    Semoga konsisten ya, Zizah :))

    btw, salam kenal saya Cica

    BalasHapus
  16. yuk, aktif lagi nulis biar seru 2020nya hehehe, semangat yaaaa

    BalasHapus